pembelajaran dunia maya
a Selasa, , 11 11 J Januari anuari 2011 2011
Diposkan oleh novenza di
16:48
Tugas Pembelajaran
Kelas Rangkap
Pertanyaan :
Berikan penjelasan selengkap
mungkin terhadap situasi-situasi
berikut :
1. Yang sesuai dengan kondisi di
daerah anda, kira-kira model PKR
(pola pembelajaran) yang mana
yang memungkinkan untuk di
laksanakan
2. Media pembelajaran macam
apa yang paling memungkinkan
untuk di gunakan bila di kaitkan
dengan kondisi sekolah anda
3. Kegiatan siswa yang
bagaimana yang mungkin anda
anggap pling sesuai bila melihat
potensi (kemamapuan siswa)
yang ada di kelas anda.
4. Proses pembelajaran yang
seperti apa yang akan anda
harapkan agar dapat
memberikan hasil yang optimal
Jawaban :
1. Sesuai dengan kondisi di
daerah saya, Model Pembelajaran
Kelas Rangkap yang tepat
adalah pola pembelajaran
pertama, dimana seorang guru
menghadapi dua ruangan untuk
dua tingkatan kelas yang
berbeda. Ini karena jumlah siswa
dalam satu kelas tidak sedikit,
mencapai belasan siswa, bahkan
ada yang sampai lebih dari 20
siswa. Sehingga jika diterapkan
pada model atau pola yang ke
dua atau ke tiga saya rasa guru
akan lebih kesulitan. Karena guru
mengajar dalam tiga kelas
sekaligus dalam waktu yang
bersamaan. Ini jelas
membutuhkan kerja keras,
kesabaran, dan kekreatifan yang
ekstra.
Dalam pola pembelajaran ini
guru menggunakan alat bantu
atau media berupa audio, karena
media ini di pandang cukup
murah, mudah dan praktis. Di sisi
lain media audio juga bisa
mengatasi lemahnya budaya
membaca. Biasanya anak-anak
cenderung lebih cepat
menangkap pelajaran dengan
cara mendengarkan secara
langsung. Anak juga merasa
terhibur dan tidak bosan dalam
proses belajar di kelas.
2. Dalam kondisi daerah saya
media yang cocok digunakan
yaitu media audio/ audio visual
karena media ini memiliki
komponen bahasa dan musik
yang dapat di kombinasikan
untuk menguatkan isi pesan
yang berhubungan dengan
materi yang disampaikan. Media
ini merupakan bahan ajaran
yang ekonomis, menyenagakan
dan mudah di siapkan untuk di
gunakan oleh siswa. Dengan
menggunakan media audio/
audio visual siswa bisa lebih
berkonsentrasi dalam menerima
materi yang disampaikan oleh
guru meskipun guru mengajar
dua kelas sekaligus. Di samping
itu media ini tidak hanya cocok
dalam pesan aspek kognitif,
namun juga sesuai untuk aspek
afektif dan spikomotor. Di sisi
lain, budaya membaca pada
masyarakat kita termasuk para
siswa masih lemah, masyarakat
lebih dominan dengan budaya
mendengarkan dan menonton.
3. Menurut saya kegiatan yang
saya anggap sesuai bila melihat
potensi (kemampuan siswa)
adalah dengan melihat kegiatan
siswa yang aktif, mandiri,
kreatif, menyenangkan/
mengasyikkan, dinamis, dan
bertumpu pada siswa. Kegiatan-
kegiatan yang bisa dilakukan
seperti mendengar dan
berbicara, melihat dan membaca,
bahkan melakukan peragaan
atau melakukan suatu aktifitas.
4. Proses pembelajaran yang
mengacu pada PAIKEM, yaitu
pembelajaran yang aktif,
inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan sehingga siswa
menjadi lebih semangat dalam
kegiatan belajar yang
dilakukannya. Adapun
pembelajaran PAIKEM tersebut
maksudnya:
a) Pembelajaran Aktif :
• Proses aktif membangun
makna / pemahaman baik dari
informasi maupun pengalaman
peserta didik.
• Guru dituntut menciptakan
suasana yang membangkitkan
peserta didik terlibat aktif
menemukan, mengolah, dan
membentuk pengetahuan atau
keterampilan baru.
b) Pembelajaran Inovatif :
• Proses pembelajaran yang
memunculkan ide-ide baru
(inovasi) positif yang lebih baik.
c) Pembelajaran Kreatif:
• Pembelajaran yang
megembangkan kreatifitas
peserta didik, potensi belajar;
rasa ingin tahu / penasaran,
penuh imajinasi
• Guru dituntut menciptakan
kegiatan pembelajaran yang
beragam yang mampu
membangkitkan potensi belajar
dan imajinasi.
d) Pembelajaran Efektif:
• Pembelajaran yang menjamin
terpenuhinya tujuan
pembelajaran dengan
tercapainya kompetensi dasar
(KD) setelah proses
pembelajaran.
e) Pembelajaran Menyenangkan:
• Suasana pemebelajaran
berlangsung menyenangkan
akibat suasana kejiwaan peserta
didik bebas dari beban /
tekanan. Suasana ini merupakan
reward yang akan menimbulkan
keterlibatan peserta didik belajar
secara aktif.
Hal-hal yang harus diperhatikan
dalam pembelajaran PAIKEM
antara lain :
1) Faktor Internal
a. Bakat, Kecerdasan (intelektual,
emosional, dan spiritual)
b. Minat, motivasi, sikap
c. Latar belakang ekonomi, sosial
budaya
2) Faktor Eksternal
a. Tujuan pembelajaran, Materi
b. Strategi, metode dan media
pembelajaran
c. Pengorganisasian kelas,
penguatan , iklim sosial dalam
kelas
d. Waktu yg tersedia, sistem &
teknik evaluasi
e. Sikap guru dan upaya
menangani kesulitan belajar
siswa
Label:
uncategory
Subscribe to:
Post Comments (Atom)Template Responsive Design
No comments:
Post a Comment